Wah! Menara Baru Waduk di Brebes Ini Miring Menyerupai Menara Pisa di Italia

Waduk Penjalin adalah sebuah waduk yang berada di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, atau sekitar 12 Km dari Bumiayu. Penjalin dalam Bahasa Jawa berati rotan. Waduk ini dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu. Waduk Penjalin terletak di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes. Waduk ini memiliki luas sekitar 1,25  km2 dengan volume air waduk normal 9,5 juta m3. Di bagian muka Waduk ini terdapat tanggul dengan ketinggian 18 meter dari dasar sungai, lebar puncak 4 meter, dan panjang puncak 842 meter. Air waduk ini dipersiapkan untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan areal persawahan. 


Selain untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali dan areal persawahan, Waduk ini juga bermanfaat bagi warga sekitar sebagai tempat mencari nafkah, antara lain mencari ikan, memelihara keramba apung, dan pada saat Lebaran warga menyewakan perahu untuk rekreasi air keliling waduk. Sekarang waduk  banyak dimanfaatkan oleh warga kota untuk berlibur dan bersantai.

Hingga pada Desember 2016 waduk penjalin mengalami perubahan. Dimana ada beberapa tempat yang disulap menjadi tempat yang lebih keren dari sebelumnya oleh warga setempat. Salah satunya yaitu pengecatan tangga pelangi, ini merupakan titik awal proses mempercantik Waduk Penjalin oleh warga dan beberapa relawan. Diantaranya Diaspora Winduaji, Compas, Sanggar Suket, BNew Patuguran, dan pegawai PSDA. 

Pemandangan Menara Baru Waduk Penjalin Saat Malam (ist)

Selain membuat tangga pelangi, di sudut waduk yang awalnya gundukan sampah akhirnya di bangun sebuah Taman yaitu Taman Jamur. Di Taman Jamur sendiri terdapat lapak baca, panggung apung serta beberapa tempat lainnya. Sehingga menambah daya tarik bagi para pengunjung. Namun pada awal 2019 Waduk kembali direvitalisasi. 


Proses revitalisasi waduk ini merupakan kelanjutan kegiatan pada 2008. Perbaikan tahun 2019 ini meliputi antara lain tubuh bendungan, perbaikan retak mercu pelimpah, perbaikan menara pengambilan dan pengerukan sedimen waduk. Hingga saat ini waduk masih belum di buka untuk umum, namun perubahan dan wajah baru waduk yang indah mulai nampak kelihatan. Salah satunya menara baru di sudut waduk yang menyerupai menara Pisa, Italia. (bacaberita-babe)


Belum ada Komentar untuk "Wah! Menara Baru Waduk di Brebes Ini Miring Menyerupai Menara Pisa di Italia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel