2 Sekolah Terpencil Di Banyumas Jadi MTs Pertama Ujian Pakai Android

Sejarah penting dicatat oleh dua sekolah terpencil yang terletak pinggir hutan di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU 2 Cilongok dan MTs Pakis. Kedua sekolah ini menjadi sekolah pertama pertama menggelar ujian semester berbasis android dan komputer untuk MTs di di Banyumas.

Ujian berbasis android yang digelar oleh MTs Pakis dan MTs Ma’arif NU 2 Cilongok menjadi yang terpama dilakukan oleh MTs di Banyumas. (Dok. Isrodin/far)
Kepala Mts Pakis, Isrodin mengatakan ujian berbasis android ini menjadi titik penting bagaimana sekolah pinggir hutan mengenal dan memanfaatkan teknologi android sebagai media pembelajaran. Terlebih MTs Pakis adalah sekolah berbasis agroforestri yang berada di pedalaman.


Pengenalan internet untuk kegiatan positif menurut dia penting dilakukan dari dini. Ini termasuk penggunaan android dan internet untuk ujian.

“Kalau untuk pelaksanaan MTs Pakis kan menginduk ke MTs 2 Ma’arif Cilongok. Baru kita yang melaksanakan ujian semester berbasis android dan komputer,” katanya, Senin (2/12).

Dia menjelaskan, secara keseluruhan sebanyak 704 siswa dari dua sekolah mengikuti ujian semester berbasis android ini. 21 di antaranya adalah siswa Mts Pakis yang sementara ini masih menginduk ke MTs Ma’arif 2 Cilongok.

Siswa menggarap soal ujian berbasis android atau ponsel di MTs Ma’arif NU 2 Cilongok, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/Isrodin untuk Muhamad Ridlo)
“Hari pertama, alhamdulillah lancar. Secara keseluruhan ada 704 siswa,” ujarnya.

Isrodin mengemukakan, tujuan utama ujian menggunakan android dan komputer adalah agar anak-anak pinggir hutan mengenal teknologi untuk kegiatan positif. Teknologi, digunakan untuk pembelajaran, mulai dari ajar mengajar hingga pelaksanaan ujian.

“Kalau untuk teman-teman Mts Pakis, ya walau kita sekolah di desa pinggir hutan, artinya perkembangan teknologi, kita bisa menyesuaikan,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaannya siswa yang tak memiliki android akan dipinjami laptop untuk pelaksanaan ujian semester. Tak dipungkiri, sebagian siswa yang berasal dari keluarga miskin memang tak memiliki android. Sekolah tak hendak memberatkan siswa. (kedesa)

Belum ada Komentar untuk "2 Sekolah Terpencil Di Banyumas Jadi MTs Pertama Ujian Pakai Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel